UPDATE INFO CPNS 2018, DAFTAR MATERI UJIAN YANG AKAN DIBERIKAN SAAT TES CPNS


Infopns.id – Selamat malam sahabat infopns di seluruh indonesia. Pemerintah membuka 238.015 formasi pada penerimaan CPNS 2018 ini. Jumlah itu terdiri atas 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Dengan formasi CPNS 2018 sebanyak itu, mungkin jutaan orang kini tengah mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi kompetisi ketat dalam penerimaan CPNS 2018 ini. Ada yang memelajari dokumen-dokumen soal tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya, ada yang mencari cara lain bagaimana lolos tes CPNS, bahkan tak tertutup kemungkinan ada yang mencoba mencari kunci jawaban soal tes CPNS.
Di internet saja tersedia sangat banyak materi soal CPNS berikut kunci jawaban yang diklaim valid. Bahkan ada yang menyediakan laman untuk download soal-soal CPNS 2018 lengkap berikut kunci jawabannya.

Tentu saja hal itu patut dipertanyakan mengingat soal-soal tes CPNS sifatnya rahasia.

Nah daripada Anda tertipu, sebaiknya persiapkan diri sebaik-baiknya untuk mempersiapkan tes ujian CPNS.

Penerimaan CPNS 2018 akan Dibuka 19 September 2018, Saat Ini Panitia Sedang Melakukan Tahapan Ini

Kemenpan RB sendiri sudah memberikan kisi-kisi materi apa saja yang terdapat dalam soal tes ujian CPNS ini.

Jadi rahasia lolos CPNS 2018 ini sebenarnya bisa Anda pelajari, dan jika Anda sudah menguasainya, maka bukan hal yang mustahil Anda bisa mengerjakannya dengan lancar hingga bisa lolos CPNS tanpa kunci jawaban.

Berikut rincian jumlah soal ujian CPNS 2018 :

Dalam rekrutmen CPNS 2018 ini, peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

Sementara berikut ini merupakan daftar materi yang harus Anda kuasai sebagaimana dikutip TRIBUNJOGJA.com dari laman resmi KEMENPAN RB :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Materi ini digunakan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

2. Tes Intelejensia Umum (TIU)

TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi.

Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

TIU juga untuk menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

Terakhir, berdoalah semoga diberikan kelancaran dan ketenangan selama mengerjakan soal-soal tes CPNS 1018. (*)

Sumber : jogja.tibunnews.com
Demikian berita dan informasi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sahabat infopns. Jangan lupa like, komen dan bagikan info ini ya. Terima kasih.