Alhamdulillah ! Gaji ke-13 PNS, TNI/POLRI Serta Pensiunan PNS Sudah Cair


Infopns.id – Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam sahabat infopns diseluruh indonesia. Pegawai negeri sipil (PNS) kembali mendapatkan angin segar. Pasalnya, pemerintah sudah mulai mencairkan gaji ke-13.
Alhamdulillah ! Gaji ke-13 PNS, TNI/POLRI Serta Pensiunan PNS Sudah Cair
Gaji Ke-13 PNS Cair
Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman menjelaskan bahwa selain gaji ke-13 untuk PNS aktif, uang pensiun ke-13 juga sudah mulai dicairkan awal Juli ini.

"Sudah mulai ada yang cair," kata Herman, Jakarta, Selasa (3/7/3018).

Herman mengatakan bahwa pencairan tersebut dilakukan oleh masing-masing satuan kerja (Satker) instansi baik kementerian atau lembaga.

"(Pencairan) tergantung proses di masing-masing Satker," ujarnya.

Walau begitu, dia tak bisa merinci berapa jumlah pencairan yang telah dilakukan. Sebab, urusan pencairan berada di ranah Kementerian Keuangan.

Pemerintah sendiri telah menetapkan anggaran gaji ke-13 untuk, prajurit TNI, dan anggota Polisi sebesar Rp 17,88 triliun. Anggaran untuk gaji ke-13 PNS tersebut tertuang dalam Undang - Undang Nomor 15 Tahun 2017 terkait APBN. Pada anggaran APBN untuk THR dan gaji ke-13 sejumlah Rp 35,76 triliun atau naik sebesar 68,9%.

Sebelumnya Pak Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah terkait pencairan gaji ke-13 untuk PNS. Kebijakan tersebut tercantum didalam Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, TNI/Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun atau tunjangan.

Dalam aturan tersebut ditegaskan bahwa gaji, pensiun, atau tunjangan ke-13 bagi PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun atau tunjangan akan diberikan sebesar penghasilan bulan Juni.

Komponen pemberian gaji ke-13 untuk  PNS,  TNI/ Polri dan  pejabat negara antara lain adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja.

Sementara untuk gaji ke-13 pensiunan pns terdiri dari gaji pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan. Penerima tunjangan tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Pemberian penghasilan ketiga belas sebagaimana dimaksud pada Pasal 3, dibayarkan pada bulan Juli," dikutip dari PP tersebut.

Sumber : finance.detik.com
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sahabat infopns. Jangan lupa untuk like dan tinggalkan komentar juga bagikan ke yang lain ya. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: