Syarat Mutlak jadi PNS 2018

INFOPNS.ID  -- Selamat malam sahabat InfoPNS diseluruh indonesia. Pada malam hari ini kami hadir dengan informasi  Syarat Mutlak CPNS 2018.
Syarat Mutlak CPNS 2018
cpns
Pekerjaan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia masih menjadi primadona. Setiap ada pembukaan lowongan Calon PNS (CPNS), orang-orang berbondong mendaftar, baik yang masih fresh graduate maupun yang sudah bekerja.

PNS mempunyai magnet yang kuat, berbagai cara dilakukan agar lolos tes menjadi CPNS. Praktik "titip-titipan" CPNS dulu masih sering kita jumpai, namun sekarang pemerintah berupaya dan memastikan perekrutan CPNS berjalan bersih, transparan dan jujur.

Setelah lulus jadi CPNS, lalu bagaimana menjadi PNS?

Direktur Pengadaan dan Kepangkatan BKN Aidu Tauhid mengatakan, ada beberapa syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS. Sedikitnya terdapat 4 hal yang harus diketahui oleh seorang CPNS agar dapat melenggang dengan mulus menjadi PNS.

"Keempat hal tersebut yakni harus mengikuti dan lulus diklat prajabatan; dinyatakan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba; hasil penilaian kinerja dan prilaku selama menjadi CPNS minimal bernilai baik; dan mengucapkan sumpah janji PNS," ujarnya mengutip laman BKN, Jakarta, Rabu 31 Januari 2018.

Sementara itu ditemui secara terpisah, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Penempatan Pegawai Kementan Sutrisno Sipahutar menyampaikan, BKN itu merupakan ahlinya di bidang manajemen ASN. "Kami ingin mereka (CPNS Kementan-red) dibekali dari ahlinya langsung,” tutur Sutrisno Sipahutar.

Dalam masa orientasi, Sutrisno Sipahutar menambahkan bahwa CPNS Kementan juga akan dibekali tentang budaya kerja, pola pikir dan mindset pegawai Kementan. Di samping itu Sutrisno Sipahutar menambahkan bahwa CPNS Kementan juga akan dibekali pembinaan teknis pekerjaan secara spesifik terkait perkerjaan apa yang akan mereka geluti di Kementan.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi mengatakan meskipun sudah mengantongi Nomor induk Pegawai (NIP), bukan jaminan bisa diangkat menjadi PNS. Pasalnya, para CPNS harus dilihat kinerjanya terlebih dahulu melalui orientasi selama satu tahun.

Jika menunjukan kinerja yang baik maka secara otomatis bisa diangkat menjadi PNS. Sedangkan jika tidak menunjukan kinerja yang bagus, maka status PNS tidak akan diberikan.

"Iya ada masa orientasi percobaan selama 1 tahun. Nah di masa itu akan dilihat kualiats kinerja dan prilakunya," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Selama satu tahun, para CPNS yang memiliki SK maupun NIP juga akan mendapatkan gaji dan tunjangan yang berbeda. Karena berdasarkan peraturan tunjangan antara CPNS dan PNS memiliki nilai berbeda.

“Beda kalau itu gaji dan tunjangan sebagai CPNS,” jelasnya.

Sementara itu, dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS, khususnya pada pasal 37 ayat 2 juga dijelaskan seorang CPNS dapat diberhentikan sebagai CPNS.

Adapun ketentuan diberhentikannya yaitu, mengundurkan diri atas permintaan sendiri, meninggal dunia, serta terbukti melakukan pelanggaran disiplin tingkat sedang atau berat.

Selain itu, CPNS akan diberhentikan jika memberikan keterangan atau bukti yang tidak benar pada waktu melamar, dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap. Menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik atau tidak bersedia mengucapkan sumpah/janji pada saat diangkat menjadi PNS akan diberhentikan menjadi CPNS.

Sumber : economy.okezone.com

Demikian Informasi Syarat Mutlak CPNS 2018 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan sahabat Infopns diseluruh Indonesia. Jangan lupa like, komen dan bagikan ke yang lain ya.. terima kasih telah setia bersama infopns.id, situs informasi terbaru seputar cpns, pns dan guru indonesia.