TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU, HANYA UNTUK BELI BARANG BRANDED DAN KREDIT MOBIL

INFOPNS.ID – Selamat siang para pengunjung setia info pns diseluruh indonesia.  Income naik, gaya hidup berubah. Hal itu wajar terjadi. Pun dengan para guru yang mendapatkan tunjangan sertifikasi. Seperti penuturan salah seorang guru berinisial N, yang baru saja mendapatkan sertifikasi setahun belakangan ini. N mengungkapkan, dengan adanya sertifikasi, dia bisa membeli apa yang dia inginkan dengan mudah saat ini, bahkan dia sudah bisa merenovasi rumahnya.
Padahal dulu, sebelum adanya sertifikasi, jangankan untuk merenovasi rumah, membeli baju atau tas yang bagus pun, dia harus mengumpulkan gajinya selama berbulan-bulan. Namun dengan adanya sertifikasi kebutuhan tersebut bisa terpenuhi, meski tidak semuannya.
TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU, HANYA UNTUK BELI BARANG BRANDED DAN KREDIT MOBIL
DANA SERTIFIKASI GURU
“Alhamdulilah setelah lima tahun menjadi guru di salah satu SMPN, baru tahun ini saya bisa lega secara finansial. Kalau dulu mau beli apapun harus ngempet dulu, tapi sekarang Alhamdulilah dipermudah,” kata N.
Dia mengaku, peningkatan gaji menjadikan kehidupannya berubah. Gaya busana termasuk HP, dia beli yang berkualitas. N berdalih, jika dia membeli barang yang murah seperti dulu, maka akan cepat rusak dan bahkan kurang meningkatkan kepercayan dirinya. “Sekarangkan ada uang, jadi kalau beli baju, sepatu harus yang bagus biar nggak gampang rusak, dan lebih percaya diri. Apalagi saat ditugaskan ke luar kota, kalau memakai barang-barang murahan kan jadi agak minder, sebab guru-guru lain sekarang juga lebih berkualitas barang-barangnya,” tambahnya. Saat diwawancarai Malang Post, N memakai sepatu merek Payless. Tidak terlalu mahal sebenarnya, harganya berkisar Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribuan.
Tapi, ini berbeda jauh dengan sebelumnya. Saat N hanya memakai pakaian dan sepatu seadanya, tak harus bermerek. Jangankan untuk membeli sepatu, membeli lipstik pun dia harus minta suami. “Kalau sekarang Alhamdulilah bisa membeli gincu dan barang-barang lain sendiri,” lanjutnya.
Untuk ponsel pun dia  saat ini sudah membeli yang terbaru, dengan fitur kamera yang lebih bagus. Menggantikan HP lawas sebelumnya, sehingga memungkinkan N untuk aktif di media sosial. “Saat ini kalau kemana-mana dan mengikuti kegiatan apapun harus selfie, gak afdol kalau gak foto. Wajar dong saya pilih HP yang bagus, yang penting bermanfaat bagi saya,” jelasnya.
Lain lagi dengan D, guru lain, yang mendapatkan sertifikasi sejak empat tahun terakhir. Karena lebih lama, nominal yang diperoleh pun tentu lebih banyak, ia pun bisa kredit mobil.
“Alhamdulilah sekarang bisa kredit mobil. Sebelumnya kalau ke sekolah selalu diantar suami, sekarang bisa berangkat dengan mobil sendiri. Meskipun mengangsur, tapi kalau uang tidak diinvestasikan, ya akan cepat habis dan tak terkendali. Kalau gini kan kita bisa berfikir mana yang lebih utama untuk didahulukan,” kata D yang mengaku kurang satu tahun lagi mobilnya lunas.
Sementara itu Personal Financial Planning, Dr. Nur Khusniyah Indrawati, SE, MSi, CSRS, CFP mengatakan, pendapatan yang diterima oleh seseorang harus harus dialokasikan sebaik-baiknya. Berapapun pendapatan yang diperoleh, harus diinvestasikan tergantung tingkat kebutuhan di masa mendatang.
“Yang pasti jangan sampai lupa bahwa pendapatan itu harus dialokasikan untuk konsumsi dan investasi. Sebab, jika pendapatan dihabiskan saat itu juga, maka ditakutkan di hari selanjutnya akan krisis keuangan,” kata Khusniyah.Investasi bisa berbentuk banyak hal. Bisa berupa tanah, rumah, emas dan lain-lain sesuai adengan kebutuhan setiap individu.
Dia mengatakan, ketika pendapatan meningkat maka diperbolehkan untuk meningkatkan gaya hidup. Namun jangan sampai melupakan untuk menabung, sebab menabung wajib dan penting dilakukan. “Minimal yang harus ditabung itu 10 persen dari gaji yang diterima. Jangan sampai jumlah pengeluaran lebih banyak dari jumlah pendapatan,” tandasnya. (yun/han)

Besaran Tunjangan
Golongan 4b     Rp 10.508.040
Golongan 4a    Rp 10.081.680
Golongan 3a    Rp 9.546.930  
*) Tunjangan merupakan tiga bulan gaji dan cair per triwulan
Dilansir dari situs http://malangpost.net/lapsus/sertifikasi-guru-bisa-beli-barang-branded-dan-kredit-mobil

Demikian informasi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Jangan lupa like komen dan bagikan info ini ya. Terima kasih

0 Response to "TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU, HANYA UNTUK BELI BARANG BRANDED DAN KREDIT MOBIL"

Posting Komentar